Evaluasi Performa Fuzzy Logic Controller untuk mengatur kecepatan Motor DC Penguatan Terpisah

Main Article Content

Muhammad Aditya Ardiansyah
Renny Rakhmawati
Hendik Eko Hadi Suharyanto
Era Purwanto

Abstract

Beragamnya metode yang ditawarkan oleh fuzzy logic kontroller membuat sebagaian orang meneliti mengenai perbedaan metode inferensi yang digunakan oleh fuzzy logic controller. Sejauh ini terdapat tiga metode fuzzy logic kontroller yang telah dikembangkan yaitu Mamdani, Sugono dan Sukamoto. Pada jurnal ini penggunaan fuzzy logic kontroller akan dievaluasi dengan menggunakan motor dc penguat terpisah sebagai beban untuk melakukan pengaturan kecepatan motor dc. Pada paper ini tujuan utamanya adalah dapat mengendalikan kecepatan dari motor DC Penguatan Terpisah dengan mengatur tegangan jangkar dari motor tersebut. DC motor merupakan salah satu jenis motor memiliki banyak aplikasi dan memiliki kemudahan untuk mengatur kecepatan pada motor tersebut. Logika fuzzy yang digunakan pada studi ini adalah inferensi sugeno dimana dengan konfigurasi Multiple Input Single Output (MiSo). Dimana input berupa error dan perubahan error dan output berupa duty cycle dikarenakan yang dikendalikan oleh logika fuzzy adalah Boost Converter selaku controlled voltage source. Target pada jurnal ini adalah dari kecilnya nilai steady – state error dan minimnya osilasi sehingga mampu membuat sistem lebih stabil. Pada studi ini, Hasil pengujian dilakukan dengan menggunakan Simulink by Matlab dengan Hasil pengujian berupa error rata rata sebesar 5.36%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ardiansyah, M. A., Rakhmawati, R., Suharyanto, H. E., & Purwanto, E. (2020). Evaluasi Performa Fuzzy Logic Controller untuk mengatur kecepatan Motor DC Penguatan Terpisah. Energi & Kelistrikan, 12(2), 100 - 110. https://doi.org/10.33322/energi.v12i2.1000
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.