Model Doubly Fed Induction Generator (DFIG) untuk Analisis Performa Kontrol pada Pembangkit Listrik Tenaga Angin

Main Article Content

Tri Wahyu Oktaviana Putri
Agus Yogianto
Ibnu Hajar

Abstract

Studi mengenai pengoperasian pembangkit listrik dari energi terbarukan dengan tenaga angin khususnya terkait dengan peran sistem kontrol pada pembangkit listrik tenaga angin relatif masih sangat terbatas. Peran sistem kontrol sendiri sangat penting di dalam konversi daya pembangkit listrik seperti ini. Oleh sebab itu untuk mengetahui serta menyelidiki pengaruh  sistem kontrol konverter daya pada pembangkit listrik tenaga angin khususnya dengan Double-Fed Induction Generator (DFIG) dibutuhkan pemodelan dari pembangkit listrik tenaga angin dengan DFIG  serta sistem kontrol  yang dapat digunakan untuk simulasi pada jaringan atau sistem tenaga listrik. Penelitian dengan demikian bertujuan untuk menghasilkan model pembangkit listrik tenaga angin dengan generator DFIG beserta sistem kontrolnya yang dapat mengatur konversi daya secara optimal pada operasi yang terkoneksi ke jaringan listrik. Beberapa tahapan dilakukan pada penelitian ini yang terdiri dari kajian literatur, persiapan perangkat untuk simulasi memakai MATLAB/Simulink, pemodelan DFIG dengan penurunan persamaan yang berlaku, penyederhanaan model, disain kontrol, simulasi dan analisis. Pada  tahapan penelitian ini hasil yang didapat merupakah sebagian tahapan penelitian yaitu mendapatkan pemodelan DFIG yang disederhanakan. Model DFIG yang disederhanakan  ini diperoleh setelah melalui perumusan persamaan matematis dari rangkaian ekuivalen DFIG, menurunkan persamaan untuk model transien DFIG dan menyusun model DFIG dalam bentuk state space. Selanjutnya penyederhanaan dari bentuk state space  diperoleh hubungan antara stator dan rotor DFIG.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putri, T. W. O., Yogianto, A., & Hajar, I. (2020). Model Doubly Fed Induction Generator (DFIG) untuk Analisis Performa Kontrol pada Pembangkit Listrik Tenaga Angin. ENERGI & KELISTRIKAN, 12(2), 179–185. https://doi.org/10.33322/energi.v12i2.1095
Section
Articles

References

[1] Muchlis, Moch, and Adhi Darma Permana. "Proyeksi Kebutuhan Listrik PLN Tahun 2003 sd 2020." Pengembangan Sistem Kelistrikan dalam Menunjang Pembangunan Nasional Jangka Panjang, Jakarta, 2003.
[2] H. Pulgar-Painemal, "Basics of DFIG power generation," Unpublished manuscript, May 2013, DOI=10.13140/2.1.2970.2089
[3] Snyder, Michael A. "Development of simplified models of doubly-fed induction generators (DFIG)." Department of Energy and Environment Division of Electric Power Engineering Chalmers University of Technology Goteborg (2012): 13-75.
[4] Spoial?, Viorica, Helga Silaghi, and Drago? Spoial?. "Control of doubly-fed induction generator system for wind turbines." Journal of Computer Science and Control Systems (1844): 213-218
[5] Masaud, Tarek Medalel, and P. K. Sen. "Modeling and control of doubly fed induction generator for wind power." 2011 North American Power Symposium. IEEE, 2011.
[6] Firdaus, H. M. S., et al. "Modeling and simulation of doubly fed induction generator for wind turbine." ARPN Journal of Engineering and Applied Sciences 11 (2006): 7331-7335.