Distribusi Batubara dalam Memenuhi Kebutuhan Bahan Bakar PLTU Wilayah Kalimantan Barat

Main Article Content

Sartika Sartika
Eka Wahyudi

Abstract

Kalimantan Barat merupakan wilayah yang sebagian besar pasokan listrik bersumber dari pembangkit listrik dengan bahan bakar minyak. PT PLN melakukan percepatan pembangunan pembangkit listrik yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia di mana program tersebut telah menghasilkan beberapa PLTU Eksisting di wilayah Kalimantan barat diantaranya adalah PLTU Sintang, Sanggau, dan Khatulistiwa. Mengingat bahwa di Provinsi Kalimantan Barat belum terdapat perusahaan yang memproduksi batubara, sehingga batubara untuk bahan bakar PLTU harus dipasok dari provinsi lain. Perbedaan jarak antar setiap pemasok batubara dan spesifikasi batubara yang dihasilkan oleh perusahaan memberikan kontribusi biaya pengadaan batubara yang berbeda pula. Hal tersebut mencerminkan bahwa terdapat keterbatasan sumber daya dan batasan sistem yang dapat dimodelkan dari permasalahan ini. Dalam menentukan pemecahan masalah yang bertujuan untuk memaksimumkan atau meminimumkan sesuatu dengan batasan-batasan tertentu digunakan teknik optimasi yang dikenal dengan metode Linear Programming. Untuk itu pada penelitian ini dilakukan kajian terhadap distribusi batubara untuk kebutuhan PLTU dengan biaya pengadaan yang paling minimum serta menjamin ketersediaan pasokan listrik di Provinsi Kalimantan Barat. Berdasarkan output dari Linear Programming, untuk memperoleh biaya pengadaan batubara minimum pada PLTU Sintang, Sanggau dan Khatulistiwa, batubara dapat dipasok dari PT. Adaro Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sartika, S., & Wahyudi, E. (2021). Distribusi Batubara dalam Memenuhi Kebutuhan Bahan Bakar PLTU Wilayah Kalimantan Barat. ENERGI & KELISTRIKAN, 13(2), 250 - 257. https://doi.org/10.33322/energi.v13i2.1121
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.