Analisa Disturbance Fault Recorder ( DFR ) Sebagai Alat Perekam Anomali Pada Gardu Induk Rangkas Baru

Main Article Content

Des Mira

Abstract

Gardu induk pada UPT Cilegon ULTG RANGKAS merupakan gardu induk tegangan tinggi dan ekstra tinggi (GI/GITET) dengan kapasitas trafo terpasang mencapai 3810 / 895,5 MVA serta 1.568 tower penghantar transmisi dengan panjang jaringan mencapai 858,92 km sirkit merupakan sebuah sub sistem dari sistem transimisi tenaga listrik. Sebuah gardu induk tentu memiliki peralatan-peralatan yang menunjang kinerjanya, salah satunya adalah peralatan proteksi. Pentingnya penelitian ini dilakuakan karena sering terjadinya gangguan ( Noise ) pada saluran transmisi hal ini disebabkan beberapa factor salah satunya factor lingkungan sekitar,bencana alam dan lain-lain. Pada gardu induk, terdapat sebuah peralatan yang memonitor anomali dari arus, tegangan maupun frekuensi pada gradu induk. Peralatan tersebut dinamakan Disturbance Fault Recorder (DFR). Tujuan penelitian ini adalah menganalisa penggunaaan DFR dalam memonitor arus, tergangan dan frekuensi sebelum, saat dan setelah terjadinya anomali pada arus, tegangan dan frekuensi pada gardu induk.  Metode penelitian yang digunakan adalah pengamatan langsung pada Gardu induk rangkas , setelah melakukan pengamatan langsung penulis mencari sumber-sumber reverensi yang berkaiatan dengan DFR, setelah mencari referensi yang berkaitan penulis melakukan analisa di Gardu Induk Rangkasbitung . Setelah melakukan penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan DFR pada Gardu Induk Rangkas Bitung dapat bekerja dengan baik hal ini dapat dilihat dari, nilai toleransi batas bawah pada pengaturan DFR adalah 46.4V. dan nilai toleransi batas atas pada pengaturan DFR adalah 69.6V.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mira, D. (2022). Analisa Disturbance Fault Recorder ( DFR ) Sebagai Alat Perekam Anomali Pada Gardu Induk Rangkas Baru. ENERGI & KELISTRIKAN, 13(2), 111 - 122. https://doi.org/10.33322/energi.v13i2.1212
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.