Aplikasi Manajemen P2TL (Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik) Berbasis Android Studi Kasus: PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur

Main Article Content

I Made Dedik Parnanda Satriadi

Abstract

Tahun 2020 target KPI untuk Susut Jaringan PT PLN (Persero) UIW Nusa Tenggara Timur adalah sebesar 7,03%. Untuk mencapai target tersebut berbagai upaya dilakukan dimana salah satunya adalah kegiatan P2TL atau Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik. P2TL bertujuan untuk menertibkan penggunaan energi listrik oleh pelanggan. Namun, pada pelaksanaan P2TL, proses pencatatan hasil pemeriksaan oleh petugas lapangan masih dilakukan dengan cara konvensional (manual). Proses ini menimbulkan kendala yaitu: (1) Membutuhkan waktu untuk proses input hasil pemeriksaan P2TL dan Foto eviden ke aplikasi MP2T,  (2) Berpotensi terjadi human error pada saat proses input data hasil pemeriksaan P2TL, (3) Tidak ada pencatatan koordinat pada saat pelaksanaan P2TL. Untuk mengatasi kendala tersebut maka diperlukan sebuah sistem yang didukung dengan teknologi informasi berupa aplikasi mobile berbasis Android untuk membantu pelaksanaan kegiatan P2TL di lapangan. Sistem ini akan memudahkan petugas lapangan dalam mengelola data Target Operasi P2TL serta hasil pemeriksaan P2TL.


Adapun tujuan umum yang ingin dicapai dari penilitian ini yaitu untuk membangun Aplikasi Manajemen Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL) berbasis Android. Tujuan khusus penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Untuk memudahkan petugas dalam melakukan pencatatan hasil kegiatan P2TL di lapangan, (2) Untuk meminimalkan kesalahan input hasil kegiatan P2TL, (3) Untuk mendapatkan data koordinat kegiatan P2TL.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Satriadi, I. M. D. (2022). Aplikasi Manajemen P2TL (Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik) Berbasis Android. ENERGI & KELISTRIKAN, 14(1), 11 - 22. https://doi.org/10.33322/energi.v14i1.1282
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.