LANTAI PERMANEN ENERGI LISTRIK MENGGUNAKAN PIEZOELEKTRIK

Main Article Content

Muhammad Imbarothur Mowaviq
Andi Junaidi
Sugeng Purwanto

Abstract

Penelitian ini menggambarkan bagaimana Piezoelektrik sebagai generator listrik dirancang di lantai. Piezoelektrik adalah transduser yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik atau energi mekanik menjadi listrik. Dengan merancang piezoelektrik di lantai, energi limbah dari langkah kaki  dapat dimanfaatkan. Piezoelektrik menghasilkan daya yang rendah akibat dari tekanan. Untuk mengkompensasi daya yang sangat rendah dari generator piezoelektrik, maka daya dapat dihasilkan lebih banyak daya dengan menghubungkan piezoelektrik secara paralel. Piezoelektrik menghasilkan daya listrik dalam arus bolak-balik. Oleh karena itu, agar baterai dapat menyimpan energi, listrik yang dihasilkan piezoelektrik harus diperbaiki oleh sirkuit penyearah. Piezoelektrik memiliki karakteristik bahwa lebih besar tekanan dapat menghasilkan daya yang lebih besar. Untuk mengisi baterai ukuran ponsel, lantai pemanenan energi listrik harus mendapatkan banyak langkah kaki. Oleh karena itu, harus dirakit di fasilitas umum seperti stasiun kereta api.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mowaviq, M., Junaidi, A., & Purwanto, S. (2019). LANTAI PERMANEN ENERGI LISTRIK MENGGUNAKAN PIEZOELEKTRIK. Energi & Kelistrikan, 10(2), 112-118. https://doi.org/10.33322/energi.v10i2.219
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.