Analisis Pengaruh Teknologi SRAN (Single Radio Access Network) Terhadap Modernisasi Arsitektur Jaringan Telekomunikasi

Main Article Content

Peby Wahyu Purnawan
Julia Permatasari

Abstract

Gagasan dibalik SRAN (Single Radio Access Network) sangat sederhana yaitu dapat mengoperasikan berbagai teknologi radio pada satu platform hardware multiguna. Dalam bentuk pengembangan terbaru, SRAN terdiri dari satu instalasi radio dengan common transport dan sistem operasional dan manajemen dengan keamanan terpadu di seluruh RATs (Radio Access Technologies). Selain itu, SRAN dapat mengoordinasikan dan mengoperasikan berbagai RAT secara terpadu serta mampu menggunakan RAT yang ada untuk menghasilkan kinerja terbaik dengan mengoordinasikan keuntungan masing-masing RAT. Modularitas adalah enabler utama yang meningkatkan kapasitas sesuai dengan permintaan dan spektrum baru dan spektrum yang ada dapat digunakan lebih efisien. Sumatra Utara – site DRDTOBINJAI2 adalah lokasi yang dipilih untuk dimodernisasi dengan solusi SRAN. Hasil implementasi pada site tersebut setelah diuji dan dianalisa, SRAN dapat menyederhanakan penggunaan hardware dari 5 modul sistem dan 5 modul transmisi menjadi 3 modul sistem dan 2 modul transmisi dengan menambahkan teknologi LTE di band 900 dan 2100 pada site tersebut. Efisiensi pada operasional meningkat melalui network sharing, efisiensi energi jaringan radio meningkat sekitar 27% dan software dapat digunakan untuk menentukan fungsi hardware agar lebih fleksibel, performa lebih baik dan meningkatkan efektifitas biaya. Dengan melakukan drive test, SRAN terbukti meningkatkan throughput pada uplink hingga 10 Mbps dan mengurangi waktu delay dari >70 ms menjadi 40 ms.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Purnawan, P. W., & Permatasari, J. (2020). Analisis Pengaruh Teknologi SRAN (Single Radio Access Network) Terhadap Modernisasi Arsitektur Jaringan Telekomunikasi. ENERGI & KELISTRIKAN, 12(1), 22–31. https://doi.org/10.33322/energi.v12i1.945
Section
Articles

References

[1] Nokia, “You can ’ t see the future , but you can be ready for it,” 2017.
[2] NSN, “Single RAN Advanced Evolution?: The future just got simpler,” 2013.
[3] S. Sumathi and B. Uma, “Base-Band Processing Technology Supporting All Mobile Users,” Int. J. Electron. Commun. Eng. Technol., vol. 8, no. 1, pp. 43–51, 2017.
[4] Mavenir, “Transforming the Radio Access Network Solution Description?: Mavenir Cloud RAN,” 2017.
[5] X. Wang et al., “Energy-Efficient Virtual Base Station Formation in Optical-Access-Enabled Cloud-RAN,” IEEE J. Sel. Areas Commun., vol. 34, no. 5, pp. 1130–1139, 2016.
[6] N. Networks, “Flexi Multiradio BTS RF Module and Remote Radio Head Description,” 2016.
[7] N. Networks, “LTE Radio Access , Rel . RL70 , Operating Documentation , Issue 01 Flexi Multiradio 10 Base Station System Module Description,” 2015.