Perancangan Amiable Pelican (AMAN) Crossing Berbasis Ios Arduino Nano Studi Kasus Jalan Basuki Rahmat

Main Article Content

Ida Bagus Sradha Nanda

Abstract

The purpose of this study is to design the development of a pelican crossing into a crossing facility that can accommodate pedestrians with different walking speeds hereinafter referred to as Amiable Pelican (Aman) Crossing. Pedestrian speeds that vary are grouped into 2, namely normal pedestrian speed 1.2 m/s and special 0.8 m/s. The data used as a basis provide a choice of crossing duration. Based on the calculation results, the normal crossing duration is 16 seconds and the special is 22 seconds. The use of aman crossing with a choice of longer crossing duration causes traffic delays for vehicles on that road segment of 300 seconds at the busiest hours. Vehicle traffic delays will have an impact on road capacity. The magnitude of the impact of aman crossing is calculated by reducing the road capacity before and after the use of aman crossing by 5252 pcu/hour and 5129 pcu/hour. Reduction of road capacity due to the use of aman crossing 2%. Taking into account the reduction in road capacity from the use of aman crossing and the results of the analysis of the characteristics of users of crossing facilities, Jalan Basuki Rahmat can use aman crossing facilities.


 


ABSTRAK


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang pengembangan pelican crossing menjadi fasilitas penyeberangan yang dapat mengakomodir penyeberang dengan perbedaan kecepatan berjalan kaki atau selanjutnya disebut sebagai Amiable Pelican (Aman) Crossing. Kecepatan pejalan kaki yang bervariasi dikelompokkan menjadi 2 yaitu kecepatan pejalan kaki normal 1,2 m/s dan khusus 0,8 m/s. Data digunakan sebagai dasar memberikan pilihan durasi menyeberang. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh durasi menyeberang normal selama 16 detik dan khusus selama 22 detik. Penggunaan aman crossing dengan pilihan durasi menyeberang lebih lama menyebabkan tundaan lalu lintas kendaraan pada ruas jalan tersebut 300 detik pada jam tersibuk. Tundaan lalu lintas kendaraan akan berdampak pada kapasitas jalan. Besar dampak aman crossing dihitung dengan mengurangi kapasitas jalan sebelum dan setelah penggunaan aman crossing sebesar 5252 smp/jam dan 5129 smp/jam. Pengurangan kapasitas jalan akibat penggunaan aman crossing 2%. Memperhatikan pengurangan kapasitas jalan dari penggunaan aman crossing dan hasil analisis karakteristik pengguna fasilitas penyeberangan, Jalan Basuki Rahmat dapat menggunakan fasilitas penyeberangan aman crossing.


 


Kata Kunci: Fasilitas Pejalan Kaki, Aman Crossing.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles