Pengolahan Sampah Hybrid PLTS Menjadi Energi Listrik Di Kelurahan Pondok Kopi

Main Article Content

Syarif Hidayat Hidayat

Abstract

Saat ini di indonesia khususnya di kota-kota besar, masalah sampah menjadi masalah lingkungan karena tidak ada penyelesaian masalah penampungan. Dalam hal ini diperlukan perencanaan mengenai pembangunan pembangkit listrik dengan metode listrik kerakyatan, dengan menggunakan bahan bakar sampah yang diproses menjadi gas yang diubah menjadi energi listrik, namun sampah juga bisa diolah menjadi briket sebagai bahan bakar energi terbarukan. Diharapkan juga dengan metode ini dapat sebagai solusi untuk bisa menuntaskan sampah-sampah yang ada khususnya di kota-kota besar. Pada metode ini akan diuraikan segi-segi teknis dan ekonomis dari pembangkit listrik tenaga sampah di kelurahan Pondok Kopi. Dalam skema biodigester sampah organik 100 kg/hari dapat menghasilkan potensi energi listrik 4,28 kwh/hari dan dapat menghemat pemakaian listrik PLN sebesar 82,28 % tiap tahunnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hidayat, S. (2021). Pengolahan Sampah Hybrid PLTS Menjadi Energi Listrik Di Kelurahan Pondok Kopi. KILAT, 10(2), 235 - 248. https://doi.org/10.33322/kilat.v10i2.1039
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.