Sistem Kontrol Peralatan Rumah Tangga Berbasis Jaringan Saraf Tiruan

Main Article Content

Puji Catur Siswipraptini

Abstract

Makalah ini meneliti integrasi peralatan rumah tangga yang dikendalikan dan dipantau menggunakan IoT (Internet of Things).  Untuk mengaktifkan sistem kontrol rumah  untuk memantau aktivitas dalam rumah dan bertindak sesuai dengan kondisi saat ini, dilengkapi dengan beberapa sensor, aktuator, dan peralatan cerdas.  Perangkat ini harus terhubung ke internet, sehingga mereka dapat mengirim informasi dan menyediakan layanan untuk penghuninya. Meskipun tujuan utama dari rumah pintar adalah untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan, juga harus mengatasi masalah efisiensi energi dan penggunaan sumber energi terbarukan. Adaptive linear Neural Network diimplementasikan dalam prototipe sebagai algoritma untuk memprediksi keputusan berdasarkan kondisi saat ini. Pembangunan sistem terpadu yang diusulkan dilakukan melalui beberapa prosedur, yaitu pelaksanaan ADALINE (Adaptive linear) sebagai metode jaringan saraf, desain prototipe, dan proses pengujian.  Prototipe ini mengintegrasikan fungsionalitas beberapa peralatan rumah tangga ke dalam satu aplikasi yang dikendalikan oleh kerangka kerja berbasis Android.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Siswipraptini, P. (2020). Sistem Kontrol Peralatan Rumah Tangga Berbasis Jaringan Saraf Tiruan. KILAT, 9(2), 201 - 207. https://doi.org/10.33322/kilat.v9i2.1086
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.