Kajian Kuat Mekanis Alkali-Activated Mortar (AAM)

Main Article Content

Muhammad Sofyan

Abstract

Mortar salah satu material yang memiliki manfaat yang beraneka ragam dalam konstruksi bangunan.  Sejauh ini, mortar konvensional digunakan sebagai bahan plester atau coating pada bangunan. Bahan pengikat utama mortar pada dasarnya masih mengandalkan semen. Pemanfaatan Batu bara pada pembangkit listrik tenaga uap masih menjadi salah satu arus utama sebagai pendukung kebutuhan energi listrik. Penumpukan hasil sisa pembakaran batu bara seperti fly ash dan bottom ash berpotensi mengganggu stabilitas Ekosistem lingkungan. Alkali-Activated mortar dengan mengandalkan larutan alkali activator yang direaksikan dengan material pozzolanic seperti fly ash, Ground Granulated Blast Furnace Slag (GGBFS), Palm Oil Fuel Ash (POFA)ldan lain-lain dapat menjadi salah satu solusi dalam mengurangi limbah fly-ash yang menumpuk. Dalam beberapa riset riset terdahulu idealnya kontrol mutu dari Alkali Activated mortar dapat ditinjiau pada kekuatan mekanisnya seperti kuat tekan dan lentur Dalam artikel ini akan ditinjau bagaimana kekuatan mekanis pada beberapa jenis Alkali-Activated Mortar. Dari studi-studi yang akan dibahas tersebut akan ditarik sebuah kesimpulan berdasarkan data-data pengujian mekanis yan pada akhirnya dapat memberi rekomendasi tentang bagaimana performa mekanis pada Alkali-Activated mortar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sofyan, M. (2021). Kajian Kuat Mekanis Alkali-Activated Mortar (AAM). KILAT, 10(1), 101 - 107. https://doi.org/10.33322/kilat.v10i1.1114
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.