Penentuan Jumlah Minimal Line Of Resolution Dalam Spektrum Vibrasi Untuk Pengukuran Rutin Vibrasi

Main Article Content

Andi Kurniawan

Abstract

Resolution of vibration spectrum is one of that affect the accuracy of vibration analysis result. This study was conducted to determine the most effective minimum line of resolution (LOR) for determining the target resolution in separating two close peaks. Several parameter settings like Fmax and LOR are used to measure the spectrum of a model rotor. The results of this study indicate that with 3 LORs in the separating frequency, the spectrum is quite detailed in separating two close peaks. This experimental study resulted a simple calculation in determining the minimum amount of LOR for routine vibration measurements.


 


 


 ABSTRAK


Salah satu hal yang berpengaruh terhadap ketepatan analisa data vibrasi adalah resolusi grafik spektrum vibrasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui jumlah minimal line of resolution (LOR) yang paling efektif untuk menentukan target resolusi dalam memisahkan dua buah peak yang berdekatan. Beberapa setting parameter seperti Fmax dan LOR digunakan untuk melakukan pengukuran spektrum dari suatu rotor model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan 3 buah LOR dalam separating frequency, spektrum yang dihasilkan yang cukup detail dalam memisahkan dua buah peak yang berdekatan. Studi eksperimen ini menghasilkan perhitungan sederhana dalam penenentuan jumlah minimal LOR untuk pengukuran rutin vibrasi.


 


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kurniawan, A. (2022). Penentuan Jumlah Minimal Line Of Resolution Dalam Spektrum Vibrasi Untuk Pengukuran Rutin Vibrasi. KILAT, 11(1), 32–39. https://doi.org/10.33322/kilat.v11i1.1526
Section
Articles