STRATEGI OPTIMASI DALAM MENENTUKAN LINTASAN TERPENDEK UNDIVIDED RAGNAROK ASSAULT PROBLEM (UNDIVIDED GAMES)

Main Article Content

Faisal Piliang
Silvester Dian Handy Permana

Abstract

The research purpose is to help the end user which is the Undivided Ragnarok players to solve Minimum spanning tree (MST) of a journey from the player’s city to attack monsters in another place by using a graph. The Kruskal algorithm is often used to solve the graph problem of the Minimum spanning tree (MST). The minimum spanning tree (MST) problem is how to select or specify the minimum cost of a minimum spanning tree (MST) of each segment (edge) of a graph that does not form as a circuit, but form as a tree. The conclusion of this research is that the aspects of the graph on the Kruskal algorithm can be applied to solve the shortest path of a journey from the player’s city to attack monsters in another place by obtaining a minimum value of 2550 zeny.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Piliang, F., & Permana, S. D. H. (2019). STRATEGI OPTIMASI DALAM MENENTUKAN LINTASAN TERPENDEK UNDIVIDED RAGNAROK ASSAULT PROBLEM (UNDIVIDED GAMES). KILAT, 4(2), 147–153. https://doi.org/10.33322/kilat.v4i2.442
Section
Articles

References

[1]. Faisal, 2013, Teknik Menentukan Komposisi Buah pada Masalah Pengangkutan dengan Menggunakan Greedy Knapsack., Naskah publikasi Jurnal Resultan Fakultas Teknik. Universitas Islam 45 Bekasi, ISSN: 1412-7938 Volume 13 Nomor 2, tahun 2013.
[2]. Faisal., 2013, Teknik Menentukan Perjalanan pada Masalah Persimpangan dengan Menggunakan Metode Greedy Coloring., Naskah publikasi Jurnal Piksel Program Studi Teknik Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Islam 45 Bekasi, ISSN: 2303-3304 Volume 1 Nomor 1, Januari 2013.
[3]. Faisal., 2013, Penerapan Metode Greedy dalam Optimasi Penukaran Uang Sebesar 125 Ribu Rupiah., Naskah publikasi Jurnal JREC UNISMA Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Islam 45 Bekasi, ISSN: 2302-5883 Volume 1 Nomor 2, May 2013.
[4]. Faisal., 2014, Penerapan Metode Greedy Coloring dalam Menyelesaikan Masalah Persimpangan Jalan., Naskah publikasi Jurnal Teknologi Informasi Program Studi Teknik Informatika dan Program Studi Sistem Informasi, Universitas Bunda Mulia Jakarta, ISSN: 1979-1496 Volume 10, Nomor 1, Juni 2014.
[5]. Faisal., 2014, Penerapan Metode Greedy Knapsack dalam Menentukan Komposisi Buah-Buahan pada Masalah Penyimpanan Lemari Pendingin., Naskah publikasi prosiding Seminar Nasional Literasi Informasi ISBN 979-458-762-1 (Senarai 2014) Universitas Sumatera Utara, Medan, Sumatera Utara, Indonesia, 1 Desember 2014.
[6]. Faisal., 2015, Teknik Menentukan Lintasan Terpendek pada Jaringan Lokal Komputer Menggunakan Algoritma Kruskal., Naskah publikasi Jurnal IPTEKS New Media, Denpasar, Bali, Indonesia ISSN: 1693-313 Volume 6 Nomor 1, Maret 2015.
[7]. Iswari, Ni Made Satvika., 2010, Aplikasi Algoritma Greedy pada Pemilihan Jenis Olahraga Ringan. Laporan tugas akhir, program studi Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung, Bandung, (diakses 4 Mei 2015).
[8]. Jensen, Paul A., “Operations Research Models and Methods”, http://www.me.utexas.edu/~jensen/ORMM/methods/unit/network/subunits/mst_spt/index.html, 2004. (diakses 4 Mei 2015)
[9]. Maningar Sormin., 2014, Perancangan aplikasi pencarian jalur terpendek menggunakan Algoritma A*, Naskah publikasi Jurnal Ilmiah Pelita Informatika Budi Darma STMIK Budidarma Medan, Sumatera Utara, ISSN : 2301-9425 Volume : VI No 3, April 2014. (diakses 4 Mei 2015)
[10]. Munir, Rinaldi., 2004, Algoritma Greedy., http://informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir, Naskah diktat dan publikasi Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) Institut Teknologi Bandung, Bandung. (diakses 4 Mei 2015)
[11]. Permana, Silvester Dian Handy., dan Faisal., (2015), Teknik Menentukan Komposisi Headgear Box dalam Undivided Ragnarok (Undivided Games) Dengan Menggunakan Metode Greedy, Naskah publikasi Jurnal IPTEKS New Media, Denpasar, Bali, Indonesia ISSN: 1693-313 Volume 6 Nomor 1, Maret 2015.
[12]. Phalosa, Andhra Joy; Hermanto., 2009, Perancangan dan Pengembangan Private Server Ragnarok Online., Laporan tugas akhir, program studi Teknik Informatika, Universitas Bina Nusantara, Jakarta. (diakses 4 Mei 2015)
[13]. Wahyuni, Sri., 2009, Metode Pencarian Langsung untuk Menyelesaikan Problema Knapsack. Departemen Matemetika, Laporan tugas akhir, Fakultas MIPA - Universitas Sumatera Utara, Sumatera Utara. (diakses 4 Mei 2015)
[14]. Wikipedia, (2015). Permainan Undivided Ragnarok, http://en.wikipedia.org/wiki/Ragnarok_Online#. (diakses 4 Mei 2015)
[15]. Yuvita, Selly., 2010, Aplikasi Algoritma Greedy untuk Optimasi Sistem Booking Hotel Online., Laporan tugas akhir, program studi Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung, Bandung. (diakses 4 Mei 2015)