Model Clustering Menggunakan Algoritma K-Means Pada Data Keluhan Pelanggan PT. PLN (Studi Kasus : PT. PLN (Persero) Distribusi Jakarta Dan Tangerang)

Main Article Content

Dian Hartanti

Abstract

Data mining adalah proses mengubah sejumlah besar data sampai menghasilkan keterhubungan antar isi data, proses pengelompokkan data (data clustering) menjadi sangat penting karena adanya peningkatan jumlah data dalam format teks yang cukup signifikan. Pengelompokkan data bertujuan membagi data dalam beberapa kelompok (cluster) sedemikian hingga data-data dalam cluster yang sama (intra-cluster) memiliki derajat kesamaan yang tinggi, sementara data-data dalam cluster yang berbeda (inter-cluster) memiliki derajat kesamaan yang rendah. Model clustering data gangguan yang dirancang dengan metode algoritma k-means, model aplikasi  ini dapat menampilkan gambaran dan menunjukan pola sebaran data keluhan pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hartanti, D. (2019). Model Clustering Menggunakan Algoritma K-Means Pada Data Keluhan Pelanggan PT. PLN (Studi Kasus : PT. PLN (Persero) Distribusi Jakarta Dan Tangerang). KILAT, 4(1), 17–24. https://doi.org/10.33322/kilat.v4i1.698
Section
Articles

References

Pelayanan Pelanggan, khususnya pengaduan dan Informasi Pelanggan, PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta dan Tanggerang
Berson, Alex, dkk.2000.Building Data Mining Applications for CRM. McGraw-Hill
McFadden, Fred R. dan Jeffrey A. Hoffer.1991.Database Management. Benjamin/Cummings Pub. Co.
Sahid. 2006. Panduan Praktis Matlab.Yogyakarta:Andi.
Susanto, Sani dan Dedy Suryadi.2010.Pengantar Data Mining.Yogyakarta : Andi
K-Means Matlab Octave .http://www.madsyair.net/2012/01/08/k-means-matlaboctave-code/.20 Janurai 2012
Mathworks.www.Mathworks.com.30 Oktober 2011
Membuat nilai acak di microsoft excel.http://hadi.web.id/2009/02/membuat-nilai-acak-di-microsoft-excel.html.21 November 2011