Prototype Perhitungan Meterial Conveyor Berbasiskan Mikrokontroler Arduino Uno

Main Article Content

fredy susanto

Abstract

Dalam perkembangan ilmu teknologi dibidang elektronika sekarang ini, banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh sebagian besar manusia. Dengan perkembangan revolusi industry dan semakin meningkatnya ragam jenis industrinya, sangat mempengaruhi tingkat efisiensi kerja,. Permasalahan perhitungan jumlah barang hasil produksi sangatlah menjadi dilema untuk diatasi, karena membutuhkan ketelitian dan konsentrasi. Sedangkan sumber daya manusia sangat terbatas.  Maka dari itu dirancang suatu prototype untuk menggantikan pekerjaan manusia, sehingga hasilnya bisa cepat dan tepat. Metode penelitian dengan memadukan beberapa sistem counter serta Mikrokontroler menjadi sebuah sistem yang bermanfaat . Prototype ini  bertujuan menghitung jumlah barang material hasil produksi. Metode identifikasi masalah, prototype, studi literature, analisa, dan evaluasi.. Sistem counter yang ditanamkan kepada mikrokontroler Arduino uni dipadukan dengan conveyori bekerja jika barang melewati sensor pada conveyor maka barang akan terhitung , secara otomatis akan ditampilkan pada LCD dan buzzer akan berbunyi kemudian akan dikalkulasi perhari atau dapat disetting sesuai keinginan. Dengan demikian siapapun yang berkepentingan dengan proses ini, akan  mengetahui jumlah barang yang terhitung secara real time , tepat dan cepat. Pelaporan proses perhitungan barang dapat direkap dan diketahui kapan saja.  Dengan  sistem ini, dapat membantu pekerjaan manusia sehingga dapat mengurangi kesalahan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
susanto, fredy. (2020). Prototype Perhitungan Meterial Conveyor Berbasiskan Mikrokontroler Arduino Uno. Petir: Jurnal Pengkajian Dan Penerapan Teknik Informatika, 14(1), 71 - 80. https://doi.org/10.33322/petir.v14i1.1014
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.