Pendekatan E-Budgeting Untuk Pemantauan Anggaran Perjalanan Dinas

Main Article Content

M Yoga Distra Sudirman
Dine Tiara Kusuma
Yessy Fitriani

Abstract

Penganggaran Berbasis Hasil (OBB) adalah alat manajemen strategis yang dirancang di bawah Inisiatif Reformasi Strategis (SRI). Terdapat 5 proses pada OBB yaitu perencanaan pengeluaran, penganggaran pengeluaran, implementasi program, monitoring dan evaluasi, serta kebijakan dan perbaikan. Pada penelitian ini akan diimplementasikan proses OBB kedalam sistem yang mengatur perjalanan dinas. Metode pengembangan aplikasi ini menggunakan extreme programming dengan 4 tahapan yakni perencanaan, perancangan, pengkodean dan pengujian.  Hasil yang didapatkan adalah kerangka OBB dapat dimasukkan kedalam sebuah sistem.  Siklus 5 proses pada OBB mampu berjalan dengan baik di sistem penganggaran perjalanan dinas.  Kesimpulan dari penelitian ini adalah kerangka OBB menyediakan informasi kepada pejabat pemberi perintah dalam memantau dan mengevaluasi proses dan hasil perjalanan dinas yang sedang atau selesai dilaksanakan. Selain itu pejabat pemberi perintah dapat memantau anggaran yang tersisa pada anggaran perjalanan dinas yang telah dianggarkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sudirman, M. Y., Kusuma, D., & Fitriani, Y. (2020). Pendekatan E-Budgeting Untuk Pemantauan Anggaran Perjalanan Dinas. Petir: Jurnal Pengkajian Dan Penerapan Teknik Informatika, 14(1), 52 - 60. https://doi.org/10.33322/petir.v14i1.1021
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.