Geolokasi Mobile Dalam Upaya Mengurangi Pelanggan Yang Menunggak Pembayaran Listrik

Main Article Content

Yessy Ecy Asri

Abstract

PT PLN (Persero) adalah salah satu perusahaan penyedia listrik di Indonesia yang memasok energi listrik kepada pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia. Perusahaan ini selalu berusaha memberikan layanan terbaik kepada pengguna listrik. Berbagai upaya telah dilakukan oleh PLN untuk merealisasikan visi dan misinya. Banyak masalah datang ke perusahaan, tetapi PLN selalu berusaha menanganinya dengan baik. Salah satu masalah adalah bagaimana membuat tagihan kepada pelanggan yang sering menunggak pembayaran listrik. Dalam metode konvensional, petugas lapangan biasanya membuat tagihan ke pelanggan secara langsung. Metode ini tidak efektif karena petugas lapangan sering lupa lokasi pelanggan dan waktu penagihan. Selain itu, file tagihan pelanggan juga dapat hilang atau tersebar di mana-mana yang utama bagi mereka yang menunggak. Untuk alasan ini, penulis kemudian melakukan penelitian untuk mempermudah dalam penagihan pemrosesan dengan menggunakan metode geolocation tagging atau geotag. Penelitian ini menghasilkan sistem geolokasi mobile dengan menggunakan peta yang menunjukkan distribusi pelanggan PLN tidak hanya pelanggan berbayar tetapi juga pelanggan belum dibayar. Hasil penelitian ini diharapkan memberi manfaat bagi petugas PLN untuk meningkatkan layanan terbaik mereka kepada pelanggan juga membantu mereka memantau pelanggan secara sistematis dengan menggunakan sistem aplikasi geolokasi seluler ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Asri, Y. (2020). Geolokasi Mobile Dalam Upaya Mengurangi Pelanggan Yang Menunggak Pembayaran Listrik. Petir: Jurnal Pengkajian Dan Penerapan Teknik Informatika, 14(1), 36 - 44. https://doi.org/10.33322/petir.v14i1.1068
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.