Rancang Bangun Alat Penyiram Tanaman Kentang Gantung Otomatis Berbasis Arduino

Main Article Content

Badie Uddin

Abstract

Penyiram tanaman untuk bibit kentang gantung di Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa) Lembang Kabupaten Bandung Barat saat paper ini ditulis masih menggunakan alat semprot air secara manual dan memerlukan waktu yang cukup lama. Tidak hanya kendala waktu saat penyiraman, suhu ruang tempat tanamanpun menjadi permasalahan untuk tanaman kentang gantung ini, karena suhu tersebut sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan kentang gantung.


Alat penyiram tanaman kentang gantung yang dibangun  menggunakan Arduino Uno sebagai mikrokontroler dan didukung oleh aplikasi Arduino IDE. Alat penyiram ini dilengkapi juga dengan DS18B80 sebagai sensor suhu,.dimana  antarmuka DS18B20 hanya menggunakan satu kabel sebagai komunikasi (menggunakan protokol Unique 1-Wire).Setiap sensor memiliki kode pengenal unik 64-bit yang tertanam di onboard ROM. DS18B20 ini mampu  mengukur temperatur mulai dari -55°C hingga +125 °C dengan  akurasi +/-0.5 °C  pada rentang -10 °C hingga +85 °C serta bisa mengkonversi data suhu ke 12-bit digital word hanya dalam 750 milidetik (maksimal). Penyiraman air difokuskan pada akar kentang, dalam 1 hari dilakukan beberapa kali penyiraman secara otomatis sesuai dengan suhu yang telah ditentukan. Jika suhu mencapai 26 °C maka alat akan ON namun pada saat suhu di bawah 24°C alat otomastis dalam kondisi OFF. Sisa air dari peryiraman tersebut akan ditampung, lalu dialirkan kembali pada tabung penyimpanan air yang akan digunakan untuk melakukan penyiraman lagi. Media tumbuh yang digunakan untuk tanaman kentang gantung ini yaitu aeroponik, hal ini dimaksudkan agar tanaman tidak mudah terserang penyakit.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Uddin, B. (2020). Rancang Bangun Alat Penyiram Tanaman Kentang Gantung Otomatis Berbasis Arduino. Petir: Jurnal Pengkajian Dan Penerapan Teknik Informatika, 14(1), 8 - 16. https://doi.org/10.33322/petir.v14i1.1108
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.