Sistem Informasi Klinik Berbasis Website Menggunakan Metode Extreme Programming (Studi Kasus Klinik Karunia Bunda)

Main Article Content

DONDA BANJARNAHOR

Abstract

Klinik merupakan kebutuhan setiap manusia sebagai tempat atau sarana yang berfungsi untuk membantu memberikan pelayanan kesehatan masyarakat. Apabila klinik belum menggunakan sistem komputerisasi, maka akan menghambat proses penanganan pasien. Pada Klinik Karunia Bunda ditemukan hambatan, diantaranya pendaftaran pasien masih dilakukan secara manual dengan pasien harus datang langsung ke klinik, tidak memiliki sistem antrian dalam perawatan, manajemen rekam medis yang masih manual dengan menulis tangan. Hal ini dapat membutuhkan banyak waktu dalam proses pencarian data. Tujuan dari aplikasi ini adalah memudahkan kegiatan operasional sehari-hari di dalam klinik yang berjalan dengan cepat dan tepat, serta pengelolaan data medis akan lebih akurat (meminimalisir human error). Metode analisa menggunakan Soft System Methodology (SSM), dan metode pengembangan sistem menggunakan Extreme Programming (XP). Aplikasi ini berbasis website menggunakan bahasa pemrograman PHP dalam framework Codeigniter (CI) yang didukung basis data MySQL. Diharapkan dengan aplikasi ini proses kerja di dalam klinik menjadi lebih cepat, pendokumentasian rekam medis yang terstruktur, mengurangi penggunaan kertas, serta memudahkan aktivitas dalam pelayanan pasien.


Kata kunci : Klinik, Website, Soft System Management (SSM), Extreme Programming (XP).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
BANJARNAHOR, D. (2021). Sistem Informasi Klinik Berbasis Website Menggunakan Metode Extreme Programming (Studi Kasus Klinik Karunia Bunda). Petir, 14(2), 223 - 234. https://doi.org/10.33322/petir.v14i2.1155
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.