Implementasi Algoritma AES untuk Keamanan Data Rekam Medis

Main Article Content

Oktaria Gina Khoirunnisa
Djuniadi Djuniadi

Abstract

Pertumbuhan teknologi yang sangat pesat tentunya sangat mempengaruhi berbagai bidang. Berbagai pekerjaan sehari hari pun juga terbantu dengan adanya teknologi. Selain dampak positif yang diperhatikan dampak negatif pun juga perlu diwaspadai  yaitu perihal keamanan dokumen. Bidang kesehatan merupakan contoh yang bidang berhubungan dengan privasi. Salah satunya yaitu dokumen rekam medis. Tidak sedikit kasus kebocoran data pasien yang terjadi. Peristiwa yang kurang diinginkan seperti ini dapat terhindarkan dengan melakukan pengamanan dengan Kriptografi. Terdapat berbagai macam kriptografi salah satunya yaitu AES (Advanced Encryption Standard). Berdasarkan uraian tersebut penelitian ini bertujuan untuk melakukan simulasi pengamanan  dokumen rekam medis pada salah satu klinik dengan menggunakan metode AES. Hasil simulasi menunjukan bahwa algoritma AES dapat menjadi rekomendasi bagi perlindungan data. Dengan melalui proses enkripsi data akan diubah menjadi bentuk yang tidak dimengerti dan harus diproses menggunakan proses dekripsi agar bisa kembali dimengerti. Keuntungannnya adalah tidak semua orang bisa mengakses dokumen tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Khoirunnisa, O., & Djuniadi, D. (2021). Implementasi Algoritma AES untuk Keamanan Data Rekam Medis. PETIR, 15(1), 21 - 27. https://doi.org/10.33322/petir.v15i1.1333
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.