PREDIKSI PENERIMAAN SISWA BARU PADA MADRASAH ALIYAH ASSAYAFI’IYAH 02 MENGGUNAKAN METODE TIME SERIES Sarwo, Hermawan

Main Article Content

Redaksi Tim Jurnal

Abstract

Penerimaan siswa tahun ajaran baru dapat mengalami peningkatan dan dapat juga mengalami penurunan. Hal tersebut merupakan suatu masalah yang dihadapi Madrasah Aliyah As-Syafi’iyah 02 dalam menentukan langkah-langkah strategi kedepannya sehingga diperlukan adanya prediksi atau peramalan untuk mengetahui perolehan jumlah siswa baru, agar semua kebijakan dan keputusan dalam menyusun perencanaan kedepan dapat terpenuhi dengan baik.


Dalam penelitian ini dilakukan untuk mengindentifikasi dan memprediksi jumlah siswa baru, yaitu dengan satu teknik dalam Data Mining yang digunakan peneliti ini adalah teknik Time Series untuk memprediksi perolehan jumlah siswa baru pada tahun 2016/2017 di Madrasah Aliyah As-Syafi’iyah 02, dimana hasil prediksi tersebut dapat memberikan kemudahan kepada pihak Madrasah Aliyah As-Syafi’iyah 02 dalam menentukan langkah-langkah strategi dalam mengambil keputusan dan kebijakan pada tahun yang akan datang.


Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan untuk prediksi jumlah penerimaan siswa baru. Salah satunya adalah teknik Time Series dimana teknik ini dapat mengetahui target penerimaan siswa baru yang mengalami tingkat akurasi prediksi error yang terbaik adalah menggunakan alpha 0,9 dengan hasil perhitungan MAPE yaitu mencapai 23,582, MAD yaitu mencapai 13,006 dan MSD yaitu mencapai 217,667 dengan tingkat akurasi diterima mencapai 95% sedangkan untuk tingkat tidak diterima mencapai 5%, maka hasil penerimaan siswa baru di tahun ajaran 2016/2017 adalah 79 siswa. Sehingga dapat membantu memberikan informasi berharga kepada Madrasah Aliyah As-Syafi’iyah 02 sebagai gambaran dasar pengambilan keputusan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Jurnal, R. T. (2019). PREDIKSI PENERIMAAN SISWA BARU PADA MADRASAH ALIYAH ASSAYAFI’IYAH 02 MENGGUNAKAN METODE TIME SERIES: Sarwo, Hermawan. PETIR, 9(2), 151–156. https://doi.org/10.33322/petir.v9i2.182
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>