Implementasi Algoritma Neural Network untuk Mendukung Keputusan di Desa Tamanmekar

Main Article Content

Amril Mutoi Siregar
Hanny Hikmayanti H

Abstract

Tingkat kesejahteraan masyarakat pedesaan yang terutama jauh dari perkotaan, masih banyak ditemukan dibawah garis kemiskinan. Mengingat akar permasalahannya adalah hampir semua desa tidak mempunyai data yang benar, akurat dan tepat tentang kondisi permasalahan dan potensi desa yang dimiliki. Padahal pemerintah pusat menyalurkan anggaran tiap tahun untuk setiap desa, hampir mencapai 1 milyar pertahun. Dengan tidak memiliki data yang akurat dan benar, sehingga pembangunan tidak tepat sasaran termasuk penyaluran beras rakyat miskin (Raskin), Bantuan langsung tunai (BLT). Masih ditemukan penyaluran yang tidak tepat sasaran, sesuai dengan yang rencanakan oleh pemerintah. Dengan penelitian ini diharapkan salah cara untuk menganalisa data penduduk, baik  permasalahan dan potensi yang dimiliki. Sehingga penyaluran bantuan lainya tepat sasaran. Metode pengolahan data, untuk diimplementasikan agar desa memiliki data yang benar dan akurat. Untuk seleksi fitur dalam penelitian ini menggunakan algoritma Neural Network (Jaringan syaraf tiruan), hasil accuracy algoritma penelitian ini adalah 94.96 %. Sehingga dapat digunakan sebagai referensi untuk mengolah data untuk Bantuan dari pemerintah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Siregar, A., & H, H. (2020). Implementasi Algoritma Neural Network untuk Mendukung Keputusan di Desa Tamanmekar. PETIR: Jurnal Pengkajian Dan Penerapan Teknik Informatika, 13(1), 21 - 32. https://doi.org/10.33322/petir.v13i1.768
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.