Analisis Tekno-Ekonomi Hibrid Sistem PLTD PLTS Di Pulau Gersik, Belitung Menggunakan Perangkat Lunak Homer

Main Article Content

Ginas Alvianingsih
Julius Christian Hasiholan Simanjuntak

Abstract

Pulau Gersik adalah salah satu desa di Kecamatan Selat Nasik yang terletak di Kabupaten Belitung. Sistem pembangkit listrik di Pulau Gersik merupakan sistem terisolasi yang disuplai oleh PLTD. Sulitnya pengiriman bahan bakar PLTD ke Pulau Gersik melatarbelakangi penelitian untuk menggabungkan PLTD berbahan bakar fosil dengan PLTS menjadi suatu sistem pembangkit hibrid. Untuk itu penelitian ini bertujun untuk mensimulasikan sistem pembangkit hibrid dan menganalisis kelayakannya dari sisi teknis dan ekonomis menggunakan perangkat lunak HOMER. Dari hasil simulasi diketahui bahwa sistem pembangkit hibrid layak beroperasi dilihat dari sisi teknis, dengan energi listrik yang dihasilkan adalah 268.101 kWh/tahun. Persentase pembebanan pada sistem hibrid ini adalah 28,9% dari PLTS dan 71,1% dari PLTD. Dilihat dari sisi ekonomi, Net Present Cost dari sistem pembangkit hibrid lebih rendah daripada PLTD eksisting, yaitu sebesar Rp17.184.340.000. Selain itu Levelized Cost of Energy sistem pembangkit hibrid juga lebih rendah daripada PLTD eksisting, yaitu sebesar Rp5.144,68/kWh.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Alvianingsih, G., & Simanjuntak, J. (2021). Analisis Tekno-Ekonomi Hibrid Sistem PLTD PLTS Di Pulau Gersik, Belitung Menggunakan Perangkat Lunak Homer. JURNAL ILMIAH SUTET, 11(1). https://doi.org/10.33322/sutet.v11i1.1372
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.