Sosialisasi Pemasangan, Pengoperasian Dan Pemeliharaan Panel Surya Fotovoltaik Di Pondok Pesantren Khoiru Ummah, Sumedang

Main Article Content

A agus yogianto

Abstract

Penggunaan panel fotovoltaik/PV sebagai pembangkit listrik skala rumah tangga relatif masih terbatas jumlahnya, tetapi diperkirakan akan semakin meningkat di masa mendatang. Disisi lain pengetahuan dan pemahaman terhadap teknologi pengoperasian panel surya PV di pihak masayarakat masih sangat terbatas, sehingga dapat berpengaruh terhadap optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan panel PV sebagai pembangkit listrik. Berdasarkan hal ini maka tim Pengabdian kepada Masyarakat/PkM Institut Teknologi PLN mengambil topik yaitu sosialisasi pemasangan, pengoperasian dan pemeliharaan panel surya sebagai pembangkit listrik untuk disampaikan kepada mitra Institut Teknologi PLN yaitu STP/SMP-SMA Pondok Pesantren  Khoiru Ummah, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.
Sosialiasasi ini bertujuan agar para peserta yang terdiri dari siswa dan pengajar sebagai bagian dari masyarakat Indonesia dapat memiliki pengetahuan dan ketrampilan praktis yang berkaitan dengan pemasangan, operasi, dan pemeliharaan panel PV serta perangkatnya. Kegiatan PkM diawali dengan perencanaan, persiapan perangkat, penyusunan prosedur/bahan sosialisasi dan realisasi pelaksanaan sosialisasi. Dari sosialisasi yang sudah dilaksanakan di awal Juli 2020, dapat diketahui bahwa para peserta membutuhkan sosialisasi ini. Berdasarkan diskusi awal dan setelah diberikan sosialisasi dapat diketahui bahwa kegiatan PkM ini bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap energi terbarukan untuk pembangkitan tenaga listrik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles