PkM Pendampingan Pembentukan Modul Praktikum Embeded Kelistrikan Di Madrasah Aliyah Annida Al Islamy Jakarta

Main Article Content

Meilia Nur Indah Susanti
Abdurrasyid Abdurrasyid
Indrianto Indrianto, indrianto

Abstract

Sekolah  Islam Annida Al-Islamy Jakarta merupakan salah satu sekolah yang mata pelajarannya terdapat pelajaran tentang elektronika terutama embedded system. Pelajaran embedded menjadi pelajaran yang penting dikarenakan pelajaran ini merupakan suatu mata pelajaran yang membuka gerbang pikiran siswa agar supaya melek akan teknologi dan  embedded system dapat dimanfaatkan untuk bidang kelistrikkan.


Mempelajari embedded  tanpa adanya laboratorium maka siswa hanya membayangkan saja dengan apa yang diterangkan oleh gurunya tentang  apa itu embedded system maka dengan itu tujuan penelitian disini secara garis besar  adalah  melakukan pendampingan terhadap pembuatan modul praktikum embedded ini diharapkan siswa – siswa dari Madrasah Aliyah Annida Al-Islamy Jakarta dapat mengerti dan meningkatkan hasil belajar  tentang pelajaran embedded system, lebih khususnya pelajaran embedded system kelistrikan. Berdasarkan hasil analisa pada kuesioner tahap awal bahwa pemahaman siswa terhadap embedded system tanpa menggunakan modul didapatkan hasil sebesar 58,8%.


Dengan melakukan pendampingan diharapkan nantinya dapat dimanfaatkan terutama disekolah laboratorium elektronika kelistrikan pada sekolah Madrasah Aliyah Annida Al-Islamy jakarta. Dan setelah dilakukannya pendampingan siswa dengan menggunakan modul  tingkat pemahaman menjadi 80,1%. Sehingga diharapkan modul praktikum ini  dapat dimanfaatkan untuk kemajuan sekolah untuk meningkatkan pelajaran tentang elektronika khusunya dibidang kelistrikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles