Pelatihan Dasar Mikrokontroler Kelistrikan Bagi Siswa Mas Annida Al Islamy

Main Article Content

Indrianto Indrianto

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat STT-PLN berupa Pelatihan Dasar Mikrokontroler Kelistrikan bagi Siswa Sekolah Menengah Aliyah Swasta Annida Al Islamy. Pelatihan ini mengajarkan teori dan praktek perakitan dengan menggunakan buku Rangkaian Embedded Kelistrikan dan praktek menggunakan modul praktek yang diberi nama Amorek. Amorek merupakan modul praktikum berupa kumpulan modul praktikum Rangkaian Embedded Kelistrikan yang terdiri n modul yang disatukan dalam satu kotak penyimpanan yang praktis dan efisien. Pelatihan ini bertujuan agar siswa mendapatkan ketrampilan tambahan yang tidak didapatkan pada kurikulum sekolah namun cukup diperlukan untuk meningkatkan wawasan pengetahuan dan ketrampilan dari manfaat system tertanam (embedded) kelistrikan.
Pelatihan diadakan selama 2 hari dimana hari pertama dimulai dengan pengantar teori secara umum, kemudian dilanjutkan dengan pembahasan teori dari modul yang akan diberikan diikuti dengan praktek penggunaan modul Amorek pertama yaitu . Hari kedua dilanjutkan dengan pembahasan teori dan praktek modul kedua yaitu: . Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 15 orang siswa kelas 10 dan kelas 11 dengan jumlah siswa pria 9 orang dan siswa wanita 6 orang yang berminat dalam pelatihan ini. Pada saat praktek pelaksanaan modul, peserta dibagi menjadi lima kelompok masing-masing terdiri dari 3 (tiga) peserta. di akhir kegiatan dilakukan evaluasi dari hasil pengamatan dan kuesioner kepada seluruh siswa. Seluruh proses pelaksanaan dilakukan di ruang laboratorium komputer.
Hasil kegiatan yang dilakukan selama dua hari di sekolah Annida ini berdasarkan pengamatan dan kuesioner yang diberikan menunjukkan telah bertambahnya pengetahuan dan ketrampilan siswa serta tanggapan positif kegiatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles